PENERAPAN CLIENT-SIDE ENCRYPTION (CSE) DI GMAIL DAN CALENDAR

Google menyadari kebutuhan konsumen akan privasi data adalah prioritas utama, itulah sebabnya mereka membangun teknologi keamanan dan privasi yang canggih ke dalam produk untuk menjaga data pelanggan tetap pribadi dan aman. Sebagai contohnya Gmail, secara otomatis memblokir lebih dari 99,9% spam, phishing, dan malware. Pada tahun lalu, Google menerapkan CSE untuk Drive, Dokumen, Slide, Spreadsheet, dan Meet. 

Berita baiknya CSE pada tahun 2023 juga tersedia untuk Gmail dan Calender dimana sebuah organisasi semakin memiliki kemampuan untuk mengontrol data yang dimiliki dan siapa yang bisa mengaksesnya. Google menyadari kontrol sepenuhnya di tangan pelanggan adalah hal yang penting dan mempercepat implementasi enkripsi untuk mendukung pelanggan kami dalam mempertahankan kendali atas data mereka dan memenuhi kebutuhan kepatuhan peraturan. 

Dengan adanya CSE ini ada 2 manfaat besar yang dirasakan yaitu menggaransi kontrol data secara penuh di regulasi yang paling sulit dan menjaga aset terpenting usaha Anda. 

Workspace sudah melakukan enkripsi data dengan menggunakan  cryptographic libraries dan dengan CSE ini enkripsi yang ada ditingkatkan lagi kemampuannya sehingga konsumen memiliki kontrol penuh terhadap kunci enkripsi dan seluruh akses data mereka. Sejak CSE ini diterapkan, konsumen bisa mengirim dan menerima email ataupun melakukan meeting baik dengan tim internal maupun external serta mengetahui bahwa data sensitif mereka (termasuk gambar inline dan lampiran) telah dienkripsi sebelum mencapai server google.

Kemudian, pembuat kebijakan juga memiliki aturan untuk memisahkan data organisasi mereka dengan ekosistem penyedia cloud dimana ini membuat penggunaan CSE menjadi penting. Dengan adanya CSE, klien dapat menjaga data R&D sangat privat bahkan dari penyedia SaaS ke organisasi tersebut. 

CSE ini sudah tersedia selalu global untuk konsumen dengan Workspace Enterprise Plus, Education Standard, and Education Plus.

 

Sumber :

https://workspace.google.com/blog/product-announcements/gmail-and-calendar-client-side-encryption 

 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *