4 CARA MENINGKATKAN FOKUS SAAT BEKERJA HYBRID

Pandemi merubah cara kerja kita yang biasanya di kantor harus bekerja di rumah dan saat ini pola kerja hybrid banyak di implementasi. Bekerja secara hybrid itu berarti banyak sekali penyesuaian apalagi dari sisi waktu karena kita menyadari bahwa waktu itu adalah hal yang berharga apalagi jika terjadi distraksi maka kemungkinan fokus kita akan hilang. Di artikel ini ada 4 tips cara kita tetap fokus dalam bekerja secara Hybrid: 

Sesuaikan waktu bekerja dengan lokasi.

Apa maksudnya di sini ada dua tipe orang ada dua tipe pekerja yaitu yang di mana waktu fokus mereka adalah yang satu ada di kantor yang satu ada di rumah. Jika Anda adalah tipe pekerja yang fokus saat di rumah berarti pada saat Anda bekerja di rumah itulah saatnya Anda benar-benar mengerjakan hal-hal yang membutuhkan konsentrasi lebih dan ketika Anda mendapatkan waktu untuk bekerja di kantor itu adalah waktu anda untuk mengerjakan hal-hal yang lebih ringan. Dan berlaku kebalikannya. 

Melatih kebiasaan fisik Anda 

Badan kita memiliki kemampuan untuk mengenali sebuah tindakan secara berulang-ulang ketika kita memilih satu posisi tempat duduk tertentu untuk melakukan hal yang fokus seperti bekerja. Sebagai contoh kita berusaha untuk duduk di spot yang sama berulang-ulang dalam waktu yang dalam waktu durasi yang lama dan dilakukan berkali-kali secara tidak sadar itu akan terekam di dalam otak kita bahwa di lokasi tersebutlah kita akan fokus bekerja.

Mencegah distraksi atau gangguan-gangguan yang ada 

Ketika Anda menggunakan Google Workspace Anda dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang pertama fitur Google Chat yaitu melakukan mute untuk fokus time dan Anda juga bisa mematikan notifikasi di Google doc dan Google Sheet

Membangun super team yang fokus untuk bekerja 

Ketika Anda ada di level Manager di mana Anda harus mengidentifikasi karyawan-karyawan Anda Anda bisa menyesuaikan nih kebiasaan apa saja yang bisa mendukung tim Anda bekerja baik di dalam kantor maupun di luar kantor misalnya setiap hari Jumat tidak ada meeting seperti itu ataupun tidak boleh mengirimkan email di weekend. 

 

Sumber :

https://workspace.google.com/blog/hybrid-work/4-ways-cultivate-focus-world-hybrid-work

 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *