3 Google Tools Yang Bisa Membantu Anda Berhemat

Ada berbagai macam cara untuk berhemat atau menabung. Kadang kita bingung mau mulai dari mana untuk menabung. Dalam artikel singkat ini kamu akan mendapatkan cara berhemat atau menabung menggunakan Google Tools. Let’s check it out. 

Buat perencanaan keuangan menggunakan Google Sheets. 

Dalam Google Sheets bisa melakukan perencanaan keuangan, berikut caranya:

  • Coba gunakan template Sheet untuk keperluan pribadi. Dengan menggunakan Sheet kamu bisa memasukkan anggota keluarga, dokumen, dll dengan tanda “@”. Ketika “@budget” untuk menambahkan template personal budget. 
  • Mencoba menggunakan template yang telah disediakan. Kamu bisa menggunakan template Annual Budget Track atau template Monthly Budget Tracking. Caranya adalah pilih File > New > From template gallery, dan navigasi kan ke sesi sesi “Personal” ).
  • Create your own template if none of these options are quite right. There are a handful of simple formulas you can use — and if you’ve never worked with these before, you can click Help > Add formulas and functions to find beginner instructions. For example, an easy one you’ll probably want to use is the formula to find the sum of a series of numbers and/or cells.
  • Buat template kamu sendiri jika dari pilihan template tidak cocok. Banyak jenis formula yang bisa digunakan di Sheet, bahkan jika kamu belum pernah menggunakan formula, kamu bisa memulainya dengan klik Help > Add formulas and functions untuk mencari instruksi yang sesuai. 
Temukan harga-harga dengan potongan khusus melalui Google’s Shopping.

Saat membuat budget tahunan, ada baiknya kamu juga mencatat kebutuhan yang memerlukan biaya besar di tahun yang akan datang. Ada beberapa tips untuk berhemat melalui Google Shopping. 

  • Nyalakan price tracking untuk barang akan dibeli. Mungkin saat membuat budget, kamu membutuhkan mesin pencuci piring baru. Kamu bisa mencari beberapa model yang disukai dan menyalakan price alerts di barang tersebut, sehingga kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika harganya turun. 
  • Perhatikan daftar harga yang pernah dicari. Kamu juga bisa memastikan apakah harga barang yang diinginkan lebih mahal atau murah dari biasanya. Kamu bisa menggunakan fitur analisis harga yang bermanfaat untuk memantau pergerakan harga. 
  • See deals side by side. Our technology analyzes various price cuts on products and shows you how they compare, and you can see them side by side.
  • Perhatikan potongan harga yang diberikan. Teknologi di Google Shopping memungkinkan untuk mendapatkan harga potongan dan bisa membandingkan mana yang cocok. 
Gunakan Google Untuk Perjalanan Mendatang 

Jika kita berdiskusi tentang berapa besar budget, hal yang tidak bisa dilewatkan adalah budget untuk bepergian. Jika kamu ingin mendapatkan harga peerbangan yang sesuai kamu bisa menggunakan Google Flights.

  • Perhatikan harga tiket pesawat. Cukup masukkan destinasi dan waktu yang diinginkan dan pilih “track prices”, kamu akan mendapatkan pilihan harga dari waktu yang kamu pilih. 
  • Jangan lupa perhatikan  pergerakan harga. Kamu bisa mengecek perubahan harga dari waktu ke waktu, karena dengan mengubah waktu keberangkatan ataupun kepulangan akan mendapat harga yang berbeda. 
  • Cari harga terbaik untuk hotelmu. Cari hotel melalui google.com/travel dan bandingkan harganya sehingga bisa mendapatkan harga terbaik. 

 

Itu tadi sekilas cara berhemat ataupun menabung menggunakan tools dari Google. https://blog.google/products/workspace/3-tools-save-money-2023/ 


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *